Banjir Bandang di Kabupaten Lebak, Kolam Milik Pembudidaya Ikan Turut Terkena Dampak

 

Pada hari Rabu, 01 Januari 2020, Sungai Ciberang yang berhulu di Taman Nasional Gunung Halimun meluap. Hal tersebut dipicu hujan deras yang turun sejak Selasa, 31 Desember 2019.

Bencana banjir tersebut menerjang 4 (empat) Kecamatan di Kabupaten Lebak, yaitu Kecamatan Cipanas, Lebakgedong, Curugbitung dan Sajira. Akibatnya ada 12 desa di 4 (empat) kecamatan terdampak banjir. Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak tengah memfokuskan pada pendataan para warga terdampak.

 

 

Menurut BPBD Kabupaten Lebak, banjir di Kabupaten Lebak tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun infrastruktur seperti jembatan yang menghubungkan Kecamatan Cipanas-Muncang terputus.

 

 

Selain itu, kolam budidaya ikan milik pembudidaya ikan juga ikut terhempas oleh banjir bandang tersebut. Puluhan keramba ikan mas sebanyak 6 ton milik masyarakat di Desa Talagahiang Kecamatan Cipanas ikut hanyut terbawa banjir.

 

 

Setelah mendapat laporan adanya pembudidaya ikan yang menjadi korban dalam bencana banjir tersebut, Dinas Perikanan Kabupaten Lebak yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Pembudidayaan Ikan, Winda Triana, S.Pi., M.Si didampingi Kasi Pengembangan Kawasan Budidaya Ikan, Rhama Adie Permana, S.Pi dan Kasi Budidaya Ikan, Hubyani langsung melakukan peninjauan ke lokasi. Salah satu lokasi yang dilakukan peninjauan yaitu Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Hidup Baru Cipanas yang berlokasi di Kp. Seah Desa Cipanas Kecamatan Cipanas.

 

 

Pokdakan Hidup Baru Cipanas merupakan penerima bantuan hibah percontohan budidaya ikan lele TA. 2019 dari Dinas Perikanan Kabupaten Lebak yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Kolam budidaya ikan dan rumah jaga milik Pokdakan Hidup Baru Cipanas mengalami rusak berat dan kerugian ditaksir mencapai Rp. 60.000.000.

 

Sebelum Terjadi Banjir Bandang

Setelah Terjadi Banjir Bandang

Sebelum Terjadi Banjir Bandang

Setelah Terjadi Banjir Bandang

Sementara itu, Kelompok Pembudidaya Ikan yang ada di Kecamatan Lebakgedong belum teridentifikasi, karena komunikasi belum tersambung dengan kelompok dan akses jalan menuju lokasi masih sulit untuk dilalui.

 

#Diskanlebak

#Lebakunique

#Bekerja dengan hati

 

Kembali