DINAS PERIKANAN KABUPATEN LEBAK MERAIH JUARA KE – III DALAM KEGIATAN PEKAN INOVASI DAERAH (PID) 2019

 

Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar kegiatan Pekan Inovasi Daerah (PID) 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 11 – 14 Desember 2019 di Alun – Alun Rangkasbitung, mulai dari Museum Multatuli hingga halaman depan Gedung Perpustakaan Saidjah Adinda. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, didampingi unsur  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lebak.

 

 

Dalam kegiatan Pekan Inovasi Daerah (PID) 2019 ini, Dinas Perikanan Kabupaten Lebak sebelumnya masuk ke dalam 5 (lima) besar nominasi Direktori Inovasi 2019 dan akhirnya meraih juara ke-III dalam lomba inovasi tersebut.

 

 

 

Dalam kegiatan pameran Pekan Inovasi Daerah (PID) 2019, Dinas Perikanan Kabupaten Lebak menampilkan hasil inovasi berupa “Pakan Alternatif Hemat (PAHE), “ mulai dari telur, larva muda, larva dewasa, prepuppa, puppa dan lalat BSF (Black Soldier Fly).

 

 

Pada tahun – tahun sekarang ini, harga – harga bahan pokok semakin hari mengalami kenaikan, tidak terkecuali harga pakan ikan komersil. Padahal kebutuhan pakan ikan semakin tinggi. Oleh sebab itu, diperlukan solusi untuk mendapatkan pakan ikan alternatif yang murah untuk memenuhi kebutuhan budidaya ikan.

 

 

Salah satu solusi yang akan dikembangkan yaitu produksi pakan ikan berbasis bahan baku lokal (biokonversi limbah organik menggunakan maggot). Maggot adalah larva lalat BSF yang dapat dimanfaatkan untuk pakan ikan dan maggot mampu menstubtitusi pakan komersil sampai 50%.

 

 

Kepala Bappeda Kabupaten Lebak, Ir. Hj. Virgojanti, M.Si menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah menginspirasi ASN lingkup Pemkab Lebak untut turut serta menuangkan ide gagasan inovasi, mengenalkan, menunjukkan dan menyampaikan kepada para ASN serta publik, terkait inovasi yang telah tercipta dan memberi kemanfaatan bagi masyarakat, menumbuhkan sinergi antar Pemerintah Kabupaten Lebak dan masyarakat serta dunia usaha di Kabupaten Lebak, serta melakukan pertukaran informasi inovasi dengan Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Banten.

 

 

 

*Video created by : Rizal Ardiansyah, S.Pi

#DiskanLebak

#LebakUnique

#Bekerjadenganhati

Kembali