GEMARIKAN Libatkan Siswa SMP, Ibu Hamil dan Kader Posyandu

 

Tahun ini Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang disosialisasikan Dinas Perikanan Kabupaten Lebak melibatkan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), ibu hamil dan para Kader Posyandu se–Desa Pasirtanjung Kecamatan Rangkasbitung, yang tahun sebelumnya sosialisasi Gemarikan melibatkan siswa Sekolah Dasar (SD) sebagai pesertanya.

 

 

Kegiatan Gemarikan Tahun 2019 dengan tema “Sehat Cerdas dan Pintar karena Makan Ikan” dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 21 November 2019 bertepatan dengan Hari Ikan Nasional (Harkanas) Ke-6 bertempat di halaman Gedung Sekolah SMP Negeri 9 Rangkasbitung, Desa Pasirtanjung Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak.

 

 

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lebak, Drs. H. Tb. Saepudin, M.Si didampingi para Kepala Bidang di lingkup Dinas Perikanan Kabupaten Lebak dan dihadiri oleh Pihak Kecamatan Rangkasbitung yang diwakili Sekretaris Camat, Titan Bastaman, S.Sos, Ketua Komite SMP Negeri 9 Rangkasbitung, KH. Adang Jajuli, S.HI, Kepala Desa Pasirtanjung, M. Supyana, Ketua PKK Desa Pasirtanjung dan para Kader Posyandu Se-Desa Pasirtanjung, siswa SMP Negeri 9 Rangkasbitung dan turut hadir ibu-ibu hamil yang ada di Desa Pasirtanjung.

 

 

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lebak menyampaikan, kegiatan Gemarikan merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat dan mengajak siswa untuk membiasakan mengkonsumsi ikan, karena ikan merupakan sumber pangan yang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi.

 

 

Sebagai sumber pangan, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, vitamin, serta berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin. Ikan sebagai bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan mengandung asam amino essensial yang diperlukan oleh tubuh. Disamping itu, nilai biologisnya mencapai 90%, dengan jaringan pengikat sedikit sehingga lebih mudah dicerna. Hal yang paling penting adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sumber protein lainnya.

 

 

 

Rangkaian acara dalam kegiatan Gemarikan diisi dengan kuis, memanggang ikan dan makan ikan bersama.

 

 

Dengan dilaksanakannya kegiatan Gemarikan diharapkan para siswa dan seluruh masyarakat yang ada di Desa Pasirtanjung Kecamatan Rangkasbitung dapat membiasakan mengkonsumsi ikan setiap hari.

 

 

Sudahkah anda makan ikan hari ini ???

#diskanlebak

#lebakunique

#bekerjadenganhati

Kembali